Wakil Presiden RI Resmikan Secara Virtual KBN TNI-AL Desa Sarang Tiung


Wakil Presiden RI Resmikan Secara Virtual KBN TNI-AL Desa Sarang Tiung
Wakil Presiden RI Resmikan Secara Virtual KBN TNI-AL Desa Sarang Tiung

KOTABARU –  Talawang Tangah Nagari- Desa Sarang Tiung, Kecamatan Pulau Laut Sigam, Kabupaten Kotabaru dijadikan Kampung Bahari  Nusantara (KBN) oleh Lanal Kotabaru.

KBN Desa Sarang Tiung Jl Berangas Km 8,5 RT.06 langsung di resmikan secara virtual dilakukan oleh Wakil Presiden RI Prof. Dr. K. H. Ma’ruf Amin dan di hadiri KSAL  Laksamana TNI Muhammad Ali, S.E., M.M., M.Tr.Opsla.Senin (15/5/2023).

Dalam rangka Peresmian Kampung Bahari Nusantara (KBN) di resmikan secara virtual di hadiri Danlanal Kotabaru Letkol Laut (P) Edy Setyawan,SE.Bupati Kotabaru,H Sayed Jafar,SH.Ketua DPRD Kotabaru, Syairi Mukhlis,S.Sos beserta undangan FKPD Kabupaten Kotabaru turut mengikuti Peresmian KBN secara virtual.

Peresmian Kampung Bahari Nusantara (KBN) TNI AL dengan tema Kampung Bahari Nusantara TNI AL Siap Meningkatkan Produktivitas Untuk Transformasi Ekonomi Yang Inklusif dan berkelanjutan bagi Masyarakat Maritim yang Sejahtera.

Baca Juga :

Kapolres Kotabaru Datangkan Syekh Achmad Al-Misry Berikan Tausiyah Jamaah Shalat Subuh Dimasjid Raya Husnul Khatimah

KSAL Laksamana TNI Muhammad Ali, S.E., M.M., M.Tr.Opsla dalam sambutanya,sebagian negara kepulauan terbesar di dunia Indonesia memiliki sumber daya alam maritim yang sangat melimpah, sumber daya alam ini menjadi salah satu modal untuk mewujudkan misi Indonesia Emas tahun 2045.

Dia mengatakan, Misi ini menggambarkan harapan bangsa Indonesia kedepan yaitu bangsa Indonesia yang maju dan sejahtera, rakyatnya maju peradabannya kuat perekonomiannya melalui pembangunan yang merata dan berkeadilan dalam bingkai NKRI yang berdaulat dan demokratis.

Menegaskan, TNI AL sebagai perangkat negara memiliki peran yang sangat vital dalam mewujudkan strategi-strategi tersebut, TNI AL memiliki peran dalam melaksanakan pemberdayaan wilayah laut oleh karena itu TNI AL menginisiasi program Kampung Bahari Nusantara melalui wadah pembinaan wilayah pesisir.

Wakil Presiden RI Resmikan Secara Virtual KBN TNI-AL Desa Sarang Tiung
Wakil Presiden RI Resmikan Secara Virtual KBN TNI-AL Desa Sarang Tiung

“Agenda ini bertujuan untuk mensejahterakan masalah ekonomi kesehatan dan edukasi, Kampung Bahari Nusantara TNI AL siap mendukung Transformasi Ekonomi Yang Inklusif Dan Berkelanjutan Bagi Masyarakat Maritim Yang Sejahtera,”ujar KSAL Laksamana TNI Muhammad Ali.

Program langkah KBN bertujuan untuk memperkuat pertahanan ekonomi dan keadilan, meningkatkan sumber daya manusia berkualitas
dan memperkuat stabilitas politik pertahanan dan keamanan.

Baca Juga :

Apel Sinergitas Presisi Bersama TNI-POLRI

Dalam sambutan Wakil Presiden Republik Indonesia   Prof. Dr. K. H. Ma’ruf Amin mengatakan, Gagasan Kampung Bahari Nusantara yang dimotori oleh TNI AL sangat vital dan program  ini sejalan dan sinergi dengan pemerintah untuk menyelesaikan berbagai masalah kemiskinan di desa pesisir.

Dalam konteks Kampung Bahari Nusantara TNI AL punya 5 cluster yang harus dikerjakan:
1) Bidang Pertahanan
2) Bidang ekonomi yaitu apa yang bisa disinergikan untuk kampung-kampung di wilayah KBN tersebut
3) Bidang pendidikan yaitu Bagaimana kita bisa memicu masyarakat untuk program pendidikan
4) Bidang pariwisata yaitu potensi budidaya mangrove yang dicanangkan seperti bapak presiden RI
5) Bidang kesehatan yaitu membantu masyarakat dalam pelayanan kesehatan seperti pengobatan gratis.

Sementara itu,Sambutan Komandan Lanal KotabaruLanal Kotabaru Letkol Laut (P) Edy Setyawan,SE menyampaikan, Sarang Tiung adalah salah satu desa yang berada di Kecamatan Pulau Laut Sigam, Kabupaten Kotabaru, Provinsi Kalimantan Selatan dengan luas wilayah 13.500km² dan jumlah penduduk 3.457 jiwa.

Masyarakat desa Sarang Tiung mayoritas berpenghasilan dari nelayan pesisir tangkap ikan tradisional dan sebagian kecil pedagang sembako.

Kami telah melaksanakan 5 cluster program Kampung Bahari Nusantara di antaranya bidang pertahanan pangan yaitu dengan penanaman sorgum, di bidang pendidikan kami telah mengadakan perpustakaan di KBN Kotabaru, di bidang kesehatan.

Selain itu,kami telah melaksanakan pengobatan massal gratis di KBN Kotabaru dan di bidang pariwisata kami telah mengadakan tempat snorkling di perairan pantai sarang tiung.

Bersamaan dengan peresmian KBN dilaksanakan pengobatan gratis bekerjasama dengan Lanal Kotabaru, Kodim 1004/KTB dan Polres Kotabaru, serta pembagian 150 paket sembako k


Editor

Tinggalkan Balasan