PT Arutmin Tambang Kintap Gelar Pelatihan UMKM Pembuatan Sambal Udang Rebon

PT Arutmin Tambang Kintap Gelar Pelatihan UMKM Pembuatan Sambal Udang Rebon

KINTAP – PT Arutmin Tambang Kintap gelar pelatihan UMKM Pembuatan Sambal udang  rebon di Desa Muara Kintap, Kecamatan Kintap Kabupaten Tanah Laut, Minggu 21/5/2023.

PT Arutmin Tambang  Kintap gelar pelatihan dengan diikuti 14 ( empat belas ) peserta dari ibu-ibu nelayan, perwakilan  karang taruna serta sejumlah aparat Desa dan Anggota BPD.

Dalam rangka meningkatkan perekonomian masyarakat nelayan pesisir Desa Muara Kintap PT Arutmin Tambang Kintap gandeng universitas Achmat Yani  Banjarmasin dan universitas Perikanan Lambung Mangkurat  Banjar baru.

Pelatihan pembuatan sambal udang rebon di bimbing langsung oleh  Ibu Dr Rina Iskandar, S,Pi. MS. Ibu Sri Ramadhana, S. Pi, MP.  Ibu Dr. Ir. Rini Marlinda, MP. Bapak Dr. Frans Tony, S.Pi, MP

Baca Juga :

Tragis! Suami Rela Habisi Nyawa Istri di Pelaihari

Pelatihan membuat sambal yang berbahan baku udang rebon di mulai sekitar jam 10,00 WITA, nampak puluhan peserta  antusias mengikuti peraktek yang disampaikan oleh para pembina.

” kegiatan hari ini sangat bermanfaat, setelah pelatihan hari ini kami akan memperaktekkan kembali agar komposisi dan rasanya lebih pas lagi “. Ujarnya anggota BPD ibu Hj Nosalinda.

Hj Nosalinda menambahkan agar kedepannya pelatihan ini tidak berhenti disini saja, dia berharap pruduk ini bisa bisa masuk pasar lokal maupun pasar nasional. Katanya.

PT Arutmin Site Kintap Gelar Pelatihan UMKM Didesa Muara Kintap
PT Arutmin Site Kintap Gelar Pelatihan UMKM Didesa Muara Kintap

CDEA Assistant PT. Arutmin Indonesia Tambang Kintap, Ahmad Rifa’i dalam sambutannya “kegiatan ini bertujuan untuk pembinaan terhadap wanita nelayan Desa Muara Kintap guna pemanfaatan hasil laut yang ada di pengumpul agar menambah lapangan kerja dan meningkatkan perekonomian disektor kelautan dan perikanan” ucapnya

Selain itu Rifa’i juga menyampaikan salah satu program  PT Arutmin  Kedepanya yaitu pemanfaatan tambak udang serta budidaya kepiting Soka, ungkap Rifa’i

“saya selaku kepala Desa Muara Kintap tiada henti-hentinya mengucapkan terimkasih kepada PT Arutmin Tambang  Kintap serta para dosen universitas bekenang membimbing warga kami dalam rangka pelatihan UMKM, dan PT Arutmin Tambang Kintap selalu hadir membantu apa saja kegiatan yang ada di desa kami “. ucap Kepala Desa Muara Kintap Bapak Yuliadi.

Turut hadir,  Penyuluh Perikanan Kabupaten Tanah Laut Bapak Yayan Yuliono, A , Md. Pi. Perwakilan nelayan budidaya Desa  Muara Kintap Bapak Jalil, Pendamping Desa Ibu Haerati.


Editor

Tinggalkan Balasan