Bupati HM. Sukamta Yakini Desa di Tala Jadi Desa Mandiri


Bupati HM. Sukamta Yakini Desa di Tala Jadi Desa Mandiri
Bupati HM. Sukamta Yakini Desa di Tala Jadi Desa Mandiri

Pelaihari – Bupati Tanah Laut (Tala) HM Sukamta meyakini pada tahun 2025 2026 seluruh desa di Kabupaten Tala akan naik status menjadi desa mandiri. Hal tersebut ia sampaikan saat kegiatan Manunggal Tuntung Pandang (MTP) ke-122 di Desa Kunyit Kecamatan Bajuin, Rabu (21/6/2023).

Dalam sambutannya Sukamta menyampaikan ucapan selamat kepada seluruh perangkat desa dan masyarakat yang sebelumnya Desa Kunyit berada di desa berkembang sekarang sudah menjadi desa maju. Ia mengatakan saat ini masih terdapat 38 desa berkembang, 69 desa maju dan 23 desa mandiri.

“Pada tahun 2018 saat saya awal menjabat, ada tagline kota ditata desa dibina, dan saat itu masih ada dua desa yang sangat tertinggal dan Alhamdulillah saat ini sudah tidak ada lagi desa tertinggal di Tala,” ucapnya.

Orang nomor satu di Tala itu menjelaskan dengan kenaikan suatu status desa, adalah sebuah tolak ukur kemajuan penyelenggaraan pemerintahan dan desa. Dirinya bersyukur, selama ia menjabat desa yang ada di Tala mengalami perkembangan yang pesat dan hal tersebut harus dipertahankan.

Baca Juga :

Puskesmas Tirta Jaya Berikan Layanan Gratis Saat MTP Kunyit

“Irama pembangunan desa harus dikembangkan, karena tidak mungkin Tala maju tapi desanya tidak maju,” ucapnya.

Ia pun berharap agar seluruh desa di Tala dapat menjadi desa yang maju dan mandiri, sehingga tidak ada lagi desa yang berkembang.

Dalam kesempatan tersebut juga turut dilakukan penandatanganan komitmen bersama Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas), gotong royong pengurukan batu pada jalan tembusan Desa Kunyit, penyerahan bibit pohon, kartu BPJS Ketenagakerjaan, dokumen kependudukan, dan tabungan pelajar.


Editor

Tinggalkan Balasan