Pembuka Festival Silat Budaya Kuntau Se-Kabupaten Tala

Pembuka Festival Silat Budaya Kuntau Se-Kabupaten Tala

PELAIHARI  – Dengan adanya Festival Silat Budaya Kuntau ini menjadi momen untuk sama-sama bertekad memajukan olahraga sekaligus warisan kesenian khas Kalimantan Selatan.

Hal tersebut disampaikan Bupati Tanah Laut (Tala) yang diwakili Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia Gentry Yuliantono, saat membuka Festival Silat Budaya Kuntau se-Kabupaten Tala yang dilaksanakan oleh Perguruan Kuntau Harimau Muda. Bertempat di Halaman Kantor Desa Sambangan Kecamatan ,Bati-Bati, Sabtu (24/6/2023).

“Tidak dapat dipungkiri bahwa kuntau sebagai olahraga atau kesenian tradisional yang patut untuk dilestarikan, apalagi saat ini kuntau sudah diperlombakan hingga tingkat nasional,” ungkap Gentry.

Baca Juga :

Pembukaan Kegiatan Tupan Meratus Orrienteering Competition, Gatot Subagio : Ajak Generasi Muda Untuk Lindungi Alam

 

HM. Sukamta : Generasi Muda Untuk Masa Depan Tala

 

Ia melanjutkan, pemerintah daerah akan selalu mendukung segala usaha dan upaya dalam meningkatkan kemampuan para pemain silat budaya kuntau, tidak hanya dalam membuat kejuaraan seperti ini, tetapi juga dari hal pembinaan dan fasilitas yang menunjang. Karenanya, pemerintah daerah juga meminta dukungan kepada seluruh pihak agar terus mendukung segala upaya meningkatkan silat budaya kuntau terutama di Bumi Tuntung Pandang.

“Jangan sampai nanti kedepannya anak cucu kita tidak mengenal lagi ilmu beladiri kuntau, terus budayakan seni yang memiliki nilai yang sangat tinggi ini,” tuturnya.

 

Pembuka Festival Silat Budaya Kuntau Se-Kabupaten Tala
Pembuka Festival Silat Budaya Kuntau Se-Kabupaten Tala

Dalam kesempatan ini Gentry juga berpesan agar para peserta festival silat budaya kuntau yang bertanding berkemampuan untuk membina, memupuk serta memantapkan keterampilan, ketangkasan dalam senin beladiri ini dengan sportivitas. Melalui kegiatan ini juga menjadi kesempatan para perguruan silat kuntau untuk memberikan jam terbang kepada para pesilat muda untuk menampilkan apa yang telah dipelajari selama ini.

“Festival seperti ini sangat mempunyai banyak manfaat terhadap perguruan silat kuntau, selain menambah jam terbang para pesilat, kegiatan ini juga menjadi ajang silaturahmi antar para pesilat, semoga hal positif ini dapat terus berlangsung setiap tahunnya,” pungkas Gentry.

Turut berhadir Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Tala, Perwakilan Camat Bati-Bati, Ketua APPSBI Tala, Ketua PPSI Tala serta Kepala Desa Sambangan.


Editor