Ruangan Tempat Pertemuan Warga Berubah Menjadi Lautan Daging Kurban

Ruangan Tempat Pertemuan Warga Berubah Menjadi Lautan Daging Kurban

Banjarnegara – Tumpukan daging penuhi Dusun Kerajaan Kecamatan Batur, Banjarnegara, Jawa Tengah,

Panitia korban mencatat mereka menyembelih 73 ekor sapi dan 254 ekor kambing pada iduladha tahun ini.

Daging kurban yang dihasilkan pun mencapai 25 ton, banyaknya hewan yang di sembelih sehinggah tumpukan daging memenuhi ruang Aula Dusun Kerajan kecamatan Batur.

Ruangan yang berukuran 12 meter X 18 meter yang biasa digunakan untuk pertemuan warga ini berubah menjadi lautan daging kurban.

Baca Juga :

Membanggakan, TNI AL Ditunjuk Wakili PBB Latihan Gabungan di Laut Mediterania

Banyaknya hewan kurban yang di sembelih sehinggah hampir membuat seluruh warga membantu dalam proses pemotongan dan untuk menghemat waktu pemotongan dilakukan beberapa orang.

Ratusan hewan kurban sapi dan kambing ini merupakan hasil tabungan rutin warga yang dikumpulkan sejak satu tahun lalu, biasanya tabungan ini dilakukan perkelompok yang terdiri dari tujuh sampai dua belas orang,

besarnya tabungan mulai 5 ribu rupiah hinggah 50 ribu rupiah setiap minggunya dan sebagian besar warga dusun kerajan berprofesi sebagai pedagang, petani serta buruh tani,

Menurut Keterangan Ketua Panitia Ahmad Hidayat, ” Satu dusun warga berkurban 73 ekor sapi dan 254 ekor kambing dan untuk yang ikut berkurban, Alhamdulillah dari warga kebanyakan dari kalangan menengah kebawah dari buruh tani, tukang dorong, Alhamdulillah mereka udah ikut berkurban karena dengan adanya tabungan kurban.” Ujarnya,

Ruangan Tempat Pertemuan Warga Berubah Menjadi Lautan Daging Kurban
Ruangan Tempat Pertemuan Warga Berubah Menjadi Lautan Daging Kurban

 

25 Ton hewan kurban kemudian dibagi menjadi 9.000 paket kurban yang dibagikan kepada warga yang menggunakan sistim kupon.

Tidak hanya warga setempat, pembagian hewan kurban ini dibagikan beberapa daerah seperti Magelang, Cilacap, Batang  serta daerah lain.

Kepala Desa Batur Ahmat Fauzi mengatakan, ” ini sebelumnya bukan hal yang baru, ini sudah berlangsung berpuluh-puluh tahun yang lalu, hanya saja Alhamdulillah kami bisa menjaga dan meningkatkan, artinya dari tahu Ketahun Alhamdulillah memang sudah ada peningkatan.” Ucap Kepala Desa Batur Ahmat Fauzi.

Seluruh hewan yang disembelih dalam kondisi sehat dan terbebas dari PMK ( Penyakit mulut dan kuku ).

Panitia berharap jumlah hewan kurban di dusun Kerajan akan terus meningkat pada hari raya idul Adha tahun depan*


Editor