Atasi Stungting, Gubernur Kalsel Lepas Iring-Iringan 14 Truk Distribusi Telur Ayam


Atasi Stungting, Gubernur Kalsel Lepas Iring-Iringan 14 Truk Distribusi Telur Ayam
Atasi Stungting, Gubernur Kalsel Lepas Iring-Iringan 14 Truk Distribusi Telur Ayam

BANJARMASIN – Gubernur Kalimantan Selatan Paman Birin melepas iring-iringan distribusi 14 truk telur ayam sebagai makanan tambahan protein hewani untuk balita stunting dan berat badan kurang (underweight) di halaman Mahligai Pancasila Banjarmasin.

Pendistribusian PMT berupa telur untuk anak usia 6 – 23 bulan ke-13 Kabupaten/Kota se-Kalsel ini dalam rangka upaya percepatan penurunan stunting di Banua.

Target sasaran PMT protein hewani berupa 14 truk telur ini, diperuntukkan bagi 5.675 orang (28.375 kg) dan balita underweight sebanyak 6.182 orang (30.910 kg).

Paman Birin menyampaikan ” apresiasi kepada seluruh Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Provinsi Kalsel beserta mitra kerja Pemerintah Provinsi, yang berkolaborasi terus untuk mengimplementasikan berbagai macam intervensi, agar angka stunting dapat diturunkan, khususnya melalui PMT ini.”

Baca Juga : Peringati Hari Pahlawan Ke-78, Pemprov Kalsel Laksanakan Upacara

Melalui intervensi kegiatan PMT ujarnya, diharapkan mampu mengedukasi masyarakat tentang pentingnya asupan makanan bergizi anak-anak, sehingga Provinsi Kalsel dapat memiliki anak-anak yang tangguh, kuat, cerdas dan bebas stunting.

Kegiatan PMT ini perlu disertai dengan edukasi gizidan kesehatan untuk perubahan perilaku masyarakat,misalnya dengan dukungan pemberian ASI, edukasidan konseling pemberian makan, kebersihan sertasanitasi untuk keluarga.

Selain itu, Paman Birin berharap Kalsel harus mampumencapai target penurunan stunting tahun 2023yang ditetapkan yakni 18,1 persen. Apabila itutercapai, kedepan entunya tidak ingin lagi menjadiprovinsi dengan penyumbang angka stuntingtertinggi di Indonesia..


Editor